Senin, 18 Juli 2011

Bolu Kukus Belang Coklat

sebagaimana hari-hari libur sebelumnya, hari minggu (17/07) kemarin saya mengisinya dengan mengajak anak saya, Farah, dan adik saya untuk memasak bersama. apa yang kita masak? mengingat kami memulai masak pada waktu yang relatif pagi dan belum sarapan, so kami membuat pancake dulu biar bisa untuk sarapan kami dan orang-orang serumah... resep pancake yang saya gunakan tetap dengan resep pancake yang sudah lama, dan sudah pernah saya posting disini. bikin pancake dengan 1 resep utuh, ternyata cukup dapat memberikan sarapan untuk satu keluarga besar saya *saya, Farah, my mommy, dan 4 adik saya. Minus my dad karena my dad dah pergi duluan*. Setelah saya sarapan dengan pancake, saya langsung melanjutkan dengan memasak yang lain... apakah itu...??? yes, saya dibantu dengan adik saya untuk pertama kali mencoba memasak Bolu Kukus!! yeay!! dari dulu saya *dan adik saya* sudah kepingin banget bikin bolu kukus sendiri. eh ternyata... baru kesampaian sekarang :) but, it's ok, yang penting kita dah mencoba untuk memasak bolu kukus..

untuk resep bolu kukus yang saya buat sendiri cukup saya googling aja dan dimodifikasi sesuai dengan kemampuan dan selera :P Dan inilah resep bolu kukus belang coklat ala saya.. :)

BOLU KUKUS BELANG COKLAT

Bahan:

2 butir telur
200 gram gula pasir
1/2 sendok makan emulsifier (sp/tbm)
250 gram tepung terigu protein sedang
25 gram susu bubuk (full cream)
1/2 sendok teh baking powder
225 ml minuman bersoda tawar
10-20 gram cokelat bubuk *untuk membuat belang coklat*
Cara membuat:
  1. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier 10 menit sampai kaku.
  2. Tambahkan tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak bergantian dengan soda tawar sambil dikocok rata.
  3. untuk bagian belang coklat: ambil adonan yang sudah rata, dan campurkan dengan coklat bubuk. aduk rata adonan sampai adonan tercampur rata.
  4. Sendokkan adonan ke cetakan bolu kukus sedang yang sudah dilapisi kertas roti. dan tambahkan dengan adonan belang coklat di atasnya, atau sesuai selera.
  5. Kukus 10 menit di atas api besar sampai matang.
Untuk 14-16 buah

Awalnya saat sedang mengukus bolunya, saya sudah harap-harap cemas dengan hasilnya... bisa mekar gak ya bolunya..?? bolunya bakalan bantet gak ya...?? tapi ternyata.... kekhawatiran saya tidak terbukti saudara saudara!! ternyata hasilnya relatif memuaskan!! bolunya bisa mekar dan gak bantet... sujud syukur alhamdulillah... *lebay mode on*. Ini dia penampilannya,



Gak cuma itu.. selain saya *dibantu adik saya* berhasil membuat bolu kukus untuk pertama kalinya, bolu buatan saya itupun bisa habis dimakan kami sekeluarga.. oh senangnya.... :) jadi kepingin bikinin buat suami pas pulang ntar ahh... :P

2 komentar:

  1. salam kenal mbak zhira, baru sempat mampir di blognya nih. wah ternyata pinterrr masaaak...
    saya sering coba buat bolu kukus mbak, bolunya selalu ngembang/ketawa, tapi kok klo dikeluarkan dari dandang ukurannya langsung menciut, knp yah mbak? ada pengalaman?

    BalasHapus
  2. Waduh... jadi malu nih blog-nya didatengin sama mbak rustka.. ;) Mudah2an beneran pinter masak deh mbak.. lha wong baru belajar juga.. Itu bolu juga baru bikin pertama kali mbak.. dulu suka takut2 gitu mbak mau bikin, takutnya ntar bantet and gak mekar gitu.. eh malah pertama bikin bisa jadi juga. punya saya yg itu gak menciut kok mbak.. malah sampe siang *bikin bolunya pagi*, bolunya masih mekar gitu... jadi saya gak tau jg kenapa e mbak kok menciut.. mungkin mbak rustka bisa coba resep yang saya tulis disini..? :)) hehe

    BalasHapus