Senin, 11 Juli 2011

Kimchi

alhamdulillah.. akhirnya kesampaian jg buat posting resep kimchi yang pertama kali saya coba ini... Resep asli saya dapatkan dari sini nih... Tapi karena ini pertama kalinya saya membuat kimchi, saya gak pake ukuran resep asli, jadi cuma pake 1/2 resep *takutnya ntar kebanyakan dan gak cepet abis-abis*. Sedikit berbeda dengan resep aslinya juga, ada beberapa bahan yang (dengan sangat terpaksa) tidak bisa turut saya gunakan, antara lain:
  • resep asli pake kecap ikan, saya gak pake *saya ubek-ubek supermarket kok yang ada kecap ikan seukuran gedhe gaban gitu, kaya macam tukang mie ayam aja, males lah saya beli, ntar takut gak kepake lagi..*. Akhirnya, untuk menggantikan kecap ikan, saya pake aja saus tiram.. yah.. paling gak ada bau-bau binatang laut gitu.. :P
  • resep asli pake tepung ketan, saya gak pake, dan yang saya pake tepung tapioka *saya lupa beli aslinya, jadi pake aja yg ada di rumah*. awalnya saya kira tepung itu fungsinya cuma buat bikin pasata cabenya aja. ternyata stlh saya tanyakan ke pemilik blog yang bersangkutan, kenapa pake tepung ketan biar kimchinya bisa terfermentasi *ntar rasa kimchinya jadi asam-asin-pedes gitu... kalo yg masih seger kan rasanya cuma asin-pedes doang..*. Tapi ternyata eh ternyata... setelah 1 minggu kimchi saya itu berada di kulkas, rasanya juga jadi sedikit asam... So..?? Yah, tergantung selera aja lah.. :)
Nah, inilah penampilan kimchi saya setelah 1 minggu berada di kulkas *kimchi seger, alias belum terfermentasi dan belum masuk kulkas terasa lebih enak, renyah dan yummy lho.. :)*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar