Senin, 25 Juli 2011

Chocolate Chip Cookies

Alhamdulillah... akhirnya kesampaian juga beli oven setelah berhasil merayu suami tercinta... hehe ^^ walaupun (baru) memiliki oven kompor alias oven tangkring alias otang, bagi newbie di dunia dapur apalagi di dunia baking seperti saya, oven yang baru saya miliki ini sudah cukup untuk memuaskan rasa penasaran saya akan keinginan untuk baking-baking. for the first time, saya ngebet banget pengen coba bikin cookies. dan akhirnya, hari ini saya memberanikan diri baking untuk pertama kali. dan yang saya buat adalah cookies yang simple aja dan bahannya gak ribet.. ok, let's cooking!! ^^ Resep untuk cookies yang saya buat ini grand-nya saya ambil dari sini. tapi mengingat bahan yang ada di rumah, so ada perubahan di sana sini menyesuaikan kondisi yang ada.. :) Oh iya, saya juga buatnya hanya 1/3 resep saja, meminimalisir risiko terjadinya gosong untuk cookie yang dibuat pertama ini.. hehe :P

CHOCOLATE CHIP COOKIES

Bahan:
210 g mentega
80 g gula pasir
80 g brown sugar
3 butir telur ayam
300 g chocolate chips
100 g kacang mete panggang, cincang kasar *karena saya gak punya, jadi saya ga pake kacang*
Ayak jadi satu:
330 g tepung terigu
5 g baking powder
3 g soda kue

Cara membuat:

  • Kocok mentega dan gula hingga lembut.
  • Masukkan telur satu per satu sambil kocok hingga rata.
  • Tambahkan chocolate chips dan campuran terigu. Aduk rata.
  • Bentuk tiap 25 g adonan menjadi bulatan di atas loyang datar.
  • Panggang dalam oven panas 180o C selama 20 menit.
  • Angkat dan dinginkan.
Inilah hasil cookies buatan saya untuk yang pertama kalinya...

 Alhamdulillah cookies-nya gak gosong... berhubung saya lagi puasa, saya gak bisa nyobain rasanya.. so saya minta 3 orang yang ada di rumah buat nyobain.. kata mereka sih rasanya enak dan pas.. cuman kata mommy saya, agak sedikit keras.. Nah, kira-kira kenapa nih agak keras..?? apa karena kelamaan bakingnya? *padahal gak gosong* atau kurang di bahan-bahan tertentu..?? well, besok-besok trial lagi aja deh.. hehe.. 

Selamat dinikmati ya Farah... ^^

4 komentar:

  1. Halo mbaaak. Mau tanya dong, kan di resep bilang harus dioven di suhu 180 derajat. Nah, mbak kan pake oven tangkring, tau drmana kalo suhunya udah 180 drjt? Makasiiih :)

    BalasHapus
  2. Duh maaf baru bales. Selama mudik saya ga OL. Resepnya memang hanya saya copy saja, termasuk how to- nya. Nah, untuk suhunya saya hanya kira-kira aja. kalo pake otang suhu 180 itu biasanya pake api gede dulu untuk manasin ovennya, baru agak dikecilin sedikit aja. Kalo tangan masuk ke otang hawanya yang panas sekali itu biasanya suhu di atas 160 dersel. yg penting sambil diliatin aja dr kaca. Oh ya, untuk coklat chip ini biar ga keras ternyata kalo cookies nya udah browning (ga gosong) sebenarnya bisa langsung diangkat aja, meskipun kalo dipegang masih agak lembek, karena nanti kalo sudah dingin bakal keras sendiri. Kalo manggangnya sampe keras, nanti jadinya malah keras banget

    BalasHapus
  3. Kalo ga pake BP n soda kue bisa ga ya?brown sugar dganti gula halus biasa boleh ser?

    BalasHapus
  4. Kalo ga pake BP n soda kue bisa ga ya?brown sugar dganti gula halus biasa boleh ser?

    BalasHapus