Senin, 07 Februari 2011

Nugget Ayam Sayur

Hari sabtu sore kemaren (5 Feb), saya iseng gorengin nugget bikinan saya sendiri (yang dah lama banget tersimpan di freezer) buat cemilan farah. Ternyata eh ternyata, farah masih doyan dan minta tambah. Padahal stok-nya dah habis. Akhirnya hari Minggu-nya, saya bikin nugget lagi buat farah, setelah sebelumnya saya belanja bahannya dulu habis kondangan. Hehe, ada cerita lucu. Saya belanja kan habis kondangan, pikir saya sekalian aja deh daripada bolak balik. Otomatis dong, saya belanja ke supermarket dengan pakaian ala kondangan alias pake kebaya!! Alhasil, pas saya belanja di bagian daging2an, orang2 pada ngeliatin saya.. Pikir mereka, ini ibu ke supermarket kok heboh tenan ya.. Hehe :).

Oke deh, untuk kali ini saya akan kasih resep buat bikin nugget ayam sayur... Oh ya, nugget ini juga bisa jadi alternatif anak yang susah maem sayur lho... Lumayan bisa nyelipin sayur2an tanpa anak harus ngelepeh makanannya.. Btw, resep yang saya tuliskan disini gak jelas takarannya berapa. Bisa dikira2 aja deh.. Yach, pake feeling gitu... Hehe...

NUGGET AYAM SAYUR

Bahan:
+/- 500 gr ayam giling
1/2 butir telur
2 sendok makan tepung roti
sayur-sayuran (kalo saya kemaren pake brokoli sama wortel, brokoli dicincang halus, dan wortel di parut pake parutan keju)

Bumbu:
2-3 siung bawan putih
garam, lada, gula secukupnya (dikira2 aja, ntar sebelum dikukus, dkoreksi lagi rasanya)

Bahan Pelapis Nugget:
1 butir telur
tepung roti

Cara Pembuatan:
1. Daging ayam giling dicampur dengan telur yang sudah dikocok, diaduk rata
2. Campurkan dengan sayur2an dan tepung roti
3. Masukkan bumbu-nya, aduk rata, sampai bumbunya rata
4. Taruh adonan nugget di loyang (loyangnya gak perlu dikasih apa2)
5. Kukus hingga matang
6. Angkat bahan nugget yang sudah dikukus, angin2kan, potong sesuai selera
7. Bahan nugget yang sudah dipotong-potong digulingkan di adonan telur yang sudah dikocok, setelah itu digulingkan di tepung roti hingga toping roti melapisi adonan nuggetnya.
8. Setelah semua adoanan nugget selesai dilapisi, simpan dalam plastik atau wadah dan simpan dalam freezer untuk stok
9. Kalau mau dimakan, tinggal digoreng aja deh. Goreng dengan api sedang, hingga kekuningan.

Pas saya ngangkat adonan nugget setelah dikukus, farah mulai rese nyicip2in makanannya. Eh, malah farah bisa habis beberapa potong nugget yang baru dikeluarin dari kukusan itu.. Kata farah, "enak tenan...!!". Hehe. Ammah farah (tantenya) juga bilang enak lho... Hehe.. seneng deh ngeliatnya... :)

Happy cooking ya.. :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar