Senin, 20 Juni 2011

KAKAP MERAH KUKUS

Mumpung hari ini bisa berangkat agak siangan ke kantor, dari bangun tidur saya coba untuk bikinin beberapa macam makanan buat Farah di hari ini... dimulai dari saya bikinin Farah agar-agar bening yang emang jadi kesukaannya, trus dilanjutin dengan menggoreng ayam+ceker bacem yang sudah saya masak beberapa hari yang lalu, lalu membuat tumisan sayur, dan terakhir membuat olahan kakap merah dengan cara dikukus... Semuanya sangat sederhana aja kok, tapi rasanya lumayan lho.... Resepnya cukup googling aja, tapi menu asli bukan pake kakap, tapi pake ikan kerapu. Nah, karena saya punyanya stok ikan kakap, so saya olah aja ikan kakap yang ada :)
KAKAP MERAH KUKUS

Bahan:
Ikan kakap merah *saya pake' yang sudah fillet*
air jeruk nipis
Kecap ikan *berhubung gak ada, jadi saya gak pake*
Soy Sauce/ kecap manis biasa
Minyak Wijen *saya gak punya, saya ganti aja sama olive oil*
Garam (bisa dihilangkan tergantung tingkat keasinan)
1 sdm bawang putih cincang
1 sdm jahe cincang
1 batang daun bawang, potong, iris korek api

Cara Membuat:
1. Cuci bersih ikan, kucuri dengan air perasan jeruk nipis, diamkan 15 menit, cuci kembali
2. Dalam pinggan tahan panas, masukkan campuran kecap dan minyak
3. Tata ikan di dalam pinggan
4. Taburi atasnya dengan garam, bawang putih dan jahe cincang serta daun bawang
5. Kukus kurang lebih 10-15 menit
6. Angkat.

Siap untuk disajikan....
ini dia menu Farah hari ini: Tumis Wortel-Polong; Ayam+Ceker Bacem; dan Kakap Merah Kukus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar