Senin, 21 Maret 2011

Soto Ceker Ayam

sebenernya, dua menu yang saya tampilkan kali ini adalah masakan yang sudah cukup lama saya buat *mungkin sekitar dua mingguan kali*. Tapi saya baru sempet up-load sekarang... Kenapa dah lama banget?? Karena akhir2 ini saya jarang banget masak sayur buat farah. Beberapa alasana saya dah jarang amsak buat farah adalah: 1. Lagi gak mood buat masak, 2. Lagi sakit *beberapa waktu yang lalu emang sempet gak enak badan sampe beberapa kali*, dan 3. Berhubung sekarang di rumah ada mbah uyut-nya farah yang emang demen banget masak buat orang rumah, apalagi buat farah, so selama mbah uyut di rumah, jadilah yang masakin buat farah adalah mbah uyut-nya :).

Nah, yang pengen saya tampilkan sekaran sebenernya sederhana banget, Soto Ceker Ayam. Pagi ini tadi sebenernya saya juga pengen masakin soto ceker ini buat farah, secara dah lama gak masak menu ini. Tapi pas saya cek bahan-bahannya, ternyata bihun-nya dah 'lenyap' dari kotak persediaan. wah, kehabisan deh... Akhirnya, saya gak jadi masak soto buat farah. Pada akhirnya, sebelum saya berangkat ke kantor, saya belikan dulu sayur plus lauk buat makan farah hari ini... He...

SOTO CEKER AYAM

Bahan:
Kaldu ceker (saya dah ready stock di freezer)
Daging ayam suwir-suwir
Wortel (dipotong-potong kayak korek api kecil-kecil)
Kecambah (yang ukurang sedang)
Bihun/ soun (direbus dulu sampe matang *al dente*)
Daun seledri (dipotong-potong)
Bawang goreng (untuk taburan jika sudah matang)
Gula secukupnya
Merica halus secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
1 siung bawang putih
sedikit ketumbar
sepotong kecil kunyit
sepotong kecil jahe
garam secukupnya

Cara memasak:
1. Jerang kaldu di atas api hingga mendidih sambil masukkan bumbu yang telah dihaluskan
2. Masukkan wortel dan kecambah, serta daging ayam (matang) yang sudah disuwir-suwir
3. Tambahkan gula dan merica secukupnya
4. Masukkan seledri
5. Masukkan bihun dan koreksi rasanya.
6. Angkat, taburi dengan bawang goreng, dan sajikan

Ini dia penampakkannya,

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar